PERAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM KELUARGA TERHADAP KEROHANIAN ANAK USIA 9-11 TAHUN DI PPA ANAK BANGSA IO 0421 UJUNG MENTENG JAKARTA TIMUR

Authors

  • Jenny Oley STT Rahmat Emmanuel
  • Lenny Chendralisan STT Rahmat Emmanuel
  • Operahmat Halawa STT Rahmat Emmanuel

Keywords:

Pendidikan Agama Kristen; Pertumbuhan Kerohanian Anak; Keluarga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pendidikan agama Kristen dalam keluarga dan perkembangan spiritual anak-anak berusia 9 hingga 11 tahun di Pusat Pengembangan Anak (PPA) 0421 Anak Bangsa, Ujung Menteng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, melibatkan anak-anak, orang tua, serta pengasuh di PPA sebagai informan utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama Kristen di lingkungan keluarga memiliki peran yang signifikan dalam membentuk nilai-nilai spiritual anak. Hal ini terlihat dari pemahaman mereka terhadap Firman Tuhan, sikap positif yang ditunjukkan, serta keterlibatan aktif mereka dalam kegiatan rohani. Beberapa faktor utama yang mendukung keberhasilan pendidikan ini meliputi konsistensi orang tua, keteladanan yang ditampilkan, dan komunikasi yang efektif. Selain itu, sinergi antara pendidikan di keluarga dan program yang ada di PPA juga terbukti memperkuat karakter spiritual anak-anak.

Downloads

Published

2025-03-31

Issue

Section

Articles