IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII KRISTEN DI SMPN 138 JAKARTA
Keywords:
Model Pembelajaran; Inkuiri; Kompetensi Berpikir KreatifAbstract
Penelitian ini membahas tentang implementasi model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kompetensi berpikir kreatif peserta didik kelas VII Kristen di SMPN 138 Jakarta. Model pembelajaran inkuiri dianggap penting untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar agar peserta didik lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara yang dilakukan kepada satu orang kepala sekolah, satu orang guru Pendidikan Agama Kristen, dan empat orang peserta didik kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Namun, ditemukan bahwa tingkat keaktifan peserta didik masih rendah karena model pembelajaran berbasis inkuiri belum sepenuhnya diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, sehingga peserta didik belum terbiasa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran.