METODOLOGI KEPEMIMPINAN BERDASARKAN PENDIDIKAN ALKITAB TERHADAP MANAJEMEN MUTU

Authors

  • Lenny H.S. Chendralisan

Keywords:

Metodologi kepemimpinan, pendidikan Alkitab, manajemen mutu

Abstract

Pendidikan dapat memberikan makna yang benar terhadap kepemimpinan serta adanya pengaruh terhadap manajemen mutu. Pemimpin dapat memiliki daya yang tepat dan benar dari mutu kepemimpinannya (Quality Leadership-QL), sehingga dapat memberikan sumbangsih pemikiran dan dapat dilaksanakan dalam kepemimpinannya. Setelah melakukan riset lapangan ternyata pemimpin perlu meletakkan kepemimpinannya berdasarkan Alkitab agar mutu pelayanannya menjadi semakin lebih baik serta berguna bagi organisasi, para pengikutnya dan masyarakat luas. Penerapan metodologi kepemimpinan yang tepat bermanfaat bagi pelebaran Kerajaan Surga yang ada di muka bumi ini. Pemimpin dapat menciptakan metode pelayanan yang contextual–historical sehingga jemaat yang dilayani mengalami pertumbuhan dari segi kualitas (mutu diri) serta kuantitas. Organisasi dapat mempertahankan pelayanan prima sebagai pusat Injil. Terdapat kausal positif dan signifikan pada Metodologi Kepemimpinan, Pendidikan Alkitab terhadap Manajemen Mutu dengan R Sguare 0,491 atau 49,1% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yakni 50,9%. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan yang berguna bagi pemimpin organisasi, dalam rangka pengembangan mutu diri (Self Development–SL) manajemen pelayanannya. Peneliti mengembangkan saran-saran bahwa pemimpin dapat mengoreksi kepemimpinannya. Dengan demikian pemimpin yang mengijinkan pendidikan Alkitab meneranginya dari atas atau dari bawah bukan lagi mutu dirinya yang memimpin, namun mutu diri Kristus yang memimpinnya. “Kami wajib selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu, saudara-saudara. Dan memang patutlah demikian, karena imanmu makin bertambah dan kasihmu seorang akan yang lain makin kuat di antara kamu.” (2 Tesalonika 1:3).

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

Chendralisan, L. H. (2019). METODOLOGI KEPEMIMPINAN BERDASARKAN PENDIDIKAN ALKITAB TERHADAP MANAJEMEN MUTU. Jurnal Teologi Rahmat, 5(2). Retrieved from https://journal.sttrem.ac.id/index.php/jtr/article/view/22