PENGEMBANGAN KREAVITAS MENGAJAR GURU SEKOLAH MINGGU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ALKITAB DI KELAS SEKOLAH MINGGU
Keywords:
Sekolah minggu,, Motivasi Belajar Alkitab, Mengajar Guru Sekolah MingguAbstract
Guru Sekolah Minggu seharusnya memiliki banyak kreativitas dalam mengajar dan meningkatkan motivasi belajar Alkitab anak-anak sekolah minggu di kelasnya. Dalam memberitakan Firman Tuhan, seorang guru sekolah minggu dituntut untuk mempunyai banyak tekhnik menarik yang bervariasi saat menyampaikan cerita-cerita Alkitab sehingga menarik minat anak-anak sekolah minggu. Oleh karena itu kajian tentang pengembangan kreativitas seorang guru Sekolah Minggu dalam meningkatkan motivasi anak-anak sekolah minggu dalam belajar Alkitab sangat diperlukan. Tujuan dari penulisan ini untuk mendorong guru Sekolah Minggu supaya tidak putus asa mengusahakan adanya cara-cara kreatif supaya motivasi anak Sekoah Minggu meningkat dalam belajar Alkitab. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yang menjelaskan dan menggambarkan tentang pengembangan kreativitas mengajar seorang guru sekolah minggu dalam meningkatkan motivasi belajar Alkitab berdasarkan sumber yang berkaitan, dihubungkan dengan pengamatan dan pengalaman penulis selama menjadi guru Sekolah Minggu dan mentor guru Sekolah Minggu. Hasil penelitian ialah para guru Sekolah Minggu harus selalu berusaha mengembangkan kreavtivitasnya dalam mengajar anak-anak sekolah minggu di kelasnya untuk meningkatkan motivasi anak-anak Sekolah Minggu dalam belajar Alkitab. Pengembangan yang dapat dilakukan oleh seorang guru sekolah minggu antara lain ialah membuat suasana belajar Alkitab yang menyenangkan, memilih metode pembelajaran Alkitab yang tepat, memberikan hadiah atas keberhasilan anak, termasuk memberikan pujian pada waktu yang tepat.






