STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ETIKA KRISTEN KEPADA PESERTA DIDIK DI SMA TUNAS KARYA KELAPA GADING JAKARTA UTARA

Authors

  • Pasrah Nazara Sekolah Tinggi Teologi Rahmat Emmanuel
  • Togar Saragih STT Rahmat Emmanuel
  • Erat Warni Zega STT Rahmat Emmanuel

Abstract

Peneliti menjelaskan masalah dari skripsi ini, yang terjadi dalam diri peserta didik ialah mereka yang kurang disiplin, kurang taat dalam menjalankan peraturan, bolos dalam kegiatan pembelajaran, bicara kotor kepada teman-teman, kurang hormat kepada guru, kurang sopan kepada guru, siswa yang melawan guru, dan adanya siswa yang merokok. Metode yang dipakai oleh penulis dalam karya ilmiah ini adalah metode kualitatif. Penulis melakukan penelitian di SMA Tunas Karya Jakarta Utara dengan sampel satu orang kepala sekolah, dua orang guru Pendidikan Agama Kristen, dan empat orang peserta didik serta observasi, dokumentasi serta wawancara, merupakan hasil penelitian. Penulis mendapat jawaban bahwa strategi guru Pendidikan Agama Kristen penting dalam menanamkan nilai-nilai etika kristen peserta didik. Namun penulis menemukan guru Pendidikan Agama Kristen di SMA Tunas Karya Jakarta Utara masih kurang dalam melakukan strateginya dalam menanamkan nilai etika kristen, hal itulah yang membuat peserta didik masih kurang dalam berkarakter baik kepada guru dan kepada teman-teman mereka.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Nazara, P., Saragih, T., & Zega, E. W. (2024). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ETIKA KRISTEN KEPADA PESERTA DIDIK DI SMA TUNAS KARYA KELAPA GADING JAKARTA UTARA. Jurnal Teologi Rahmat, 10(1), 71–78. Retrieved from https://journal.sttrem.ac.id/index.php/jtr/article/view/156