Kajian Kurikulum Pembelajaran Daring untuk Mata Kuliah Praktikum di Program Studi Sarjana Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi teologi Rahmat Emmanuel-Jakarta Selama Masa Pandemik Covid-19
Keywords:
Kurikulum, Pembelajaran secara Daring, Mata Kuliah PraktikumAbstract
Wabah Covid-19 yang melanda China mulai diakhir tahun 2019 dan kemudian menjadi pandemik di seluruh dunia dari sejak tahun 2020, membuat terjadinnya perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk larangan untuk melakukan pembelajaran tatap muka yang diterbitakan oleh pemerintah. Dalam hal ini, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran daring dapat memenuhi capaian pembelajaran secara khusus untuk pelaksanaan pengajaran mata kuliah praktikum di Program Studi Sarjana PAK STT REM. Peneliti melakukan pengumpulan bahan pustaka untuk mendapatkan teori-teori terkait dengan kurikulum, capaian pembelajaran mata kuliah praktikum dan pembelajaran secara daring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain kurikulum pembelajaran daring untuk mata kuliah praktikum di Program Studi Sarjana PAK STT REM kurang efektif dalam memenuhi capaian kompetensi lulusan; dan perlu dilakukan pembaharuan kurikulum agar relevan untuk pembelajaran jarak jauh.