Kajian Kurikulum Pembelajaran Daring untuk Mata Kuliah Praktikum di Program Studi Sarjana Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi teologi Rahmat Emmanuel-Jakarta Selama Masa Pandemik Covid-19

Authors

  • Daulat Marulitua Tambunan
  • Erat Warni Zega
  • Kiu Sian
  • Seniwati Nazara
  • Benasokhi Nazara
  • Unun

Keywords:

Kurikulum, Pembelajaran secara Daring, Mata Kuliah Praktikum

Abstract

Wabah Covid-19 yang melanda China mulai diakhir tahun 2019 dan kemudian menjadi pandemik di seluruh dunia dari sejak tahun 2020, membuat terjadinnya perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk larangan untuk melakukan pembelajaran tatap muka yang diterbitakan oleh pemerintah. Dalam hal ini, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran daring dapat memenuhi capaian pembelajaran secara khusus untuk pelaksanaan pengajaran mata kuliah praktikum di Program Studi Sarjana PAK STT REM. Peneliti melakukan pengumpulan bahan pustaka untuk mendapatkan teori-teori terkait dengan kurikulum, capaian pembelajaran mata kuliah praktikum dan pembelajaran secara daring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain kurikulum pembelajaran daring untuk mata kuliah praktikum di Program Studi Sarjana PAK STT REM kurang efektif dalam memenuhi capaian kompetensi lulusan; dan perlu dilakukan pembaharuan kurikulum agar relevan untuk pembelajaran jarak jauh.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Tambunan, D. M., Zega, E. W., Sian, K., Nazara, S., Nazara, B., & Unun. (2022). Kajian Kurikulum Pembelajaran Daring untuk Mata Kuliah Praktikum di Program Studi Sarjana Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi teologi Rahmat Emmanuel-Jakarta Selama Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Teologi Rahmat, 8(2). Retrieved from https://journal.sttrem.ac.id/index.php/jtr/article/view/67

Most read articles by the same author(s)