PERANAN KEPRIBADIAN DAN BIMBINGAN GURU PENDIDIKAN KRISTEN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 23 JAKARTA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.71055/jtr.v9i2.79Abstract
Pendidikan di sekolah terdapat aktivitas proses belajar mengajar yang melibatkan guru dan siswa. Aktivitas belajar bagi setiap individu, tidak selamanya berlangsung secara wajar. Kadang-kadang lancar, kadang-kadang tidak. Dalam hal semangat terkadang semangatnya tinggi, tetapi terkadang sulit untuk berkonsentrasi. Kesulitan belajar ini tidak selalu disebabkan karena faktor intelegensi yang rendah akan tetapi dapat juga disebabkan oleh kurangnya motivasi, baik dari diri sendiri maupun dari lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, peserta didik perlu diberikan rangsangan agar tumbuh motivasi pada diri setiap peserta didik tersebut. Tidak rahasia lagi adanya fenomena kemerosotan motivasi belajar mahasiswa dewasa ini, bukan hanya secara umum dan terjadi di berbagai daerah. Gejala tersebut selain berpotensi mengancam kelancaran studi dan harapan masa depan mahasiswa itu sendiri, tetapi juga berdampak buruk terhadap kualitas lulusan perguruan tinggi, bahkan kualitas generasi bangsa ke depan. Sebagai tenaga pengajar guru harus diberikan motivasi agar memiliki kepribadian yang menjadi teladan dan melaksanakan bimbingan guna meningkatkan motivasi siswa, khususnya dalammeningkatkan motivasi belajar siswa.